Raih Rp 556 M, ‘READY PLAYER ONE’ Geser ‘BLACK PANTHER’

Tak ada yang bisa menolak jika Steven Spielberg adalah salah satu sutradara Hollywood terbaik yang dimiliki dunia ini. Memiliki catatan akan film berkaliber Oscar seperti SCHINDLER’S LIST (1993), , SAVING PRIVATE RYAN (1998), LINCOLN (2012)hingga THE POST (2017), Spielberg juga idola penggila film petualangan ilmiah. Beberapa film karyanya seperti E.T (1982) dan tentunya JURASSIC PARK (1993) adalah sebuah terobosan dunia film BURSATOGEL fiksi ilmiah. Dan di tahun 2018 ini, Spielberg kembali lewat READY PLAYER ONE.

 

Membuktikan kalau dirinya sangat mampu bersaing dengan Terry Gilliam, James Cameron hingga Christopher Nolan, READY PLAYER ONE seolah bukti kalau Spielberg adalah inovator dunia film. Tak hanya meraih pujian kritikus, READY PLAYER ONE akhirnya berhasil menendang BLACK PANTHER yang bertahta di puncak box office sejak dirilis Februari silam. Masuk awal bulan April, film yang diangkat dari novel laris karya Ernest Cline itu meraih pendapatan tertinggi di Amerika Utara.

 

Sejak dirilis pada 28 Maret 2018, READY PLAYER ONE sudah mengumpulkan USD 41,2 juta (sekitar Rp 556 miliar) sampai Minggu (1/4). Diperkirakan hingga Kamis (7/4) nanti, READY PLAYER ONE akan meraih box office domestik hingga USD 53,2 juta (sekitar 718 miliar). Pendapatan READY PLAYER ONE semakin membengkak dari peredarannya secara global di 62 negara yang mencapai USD 128 juta (sekitar Rp 1,7 triliun).

 

‘READY PLAYER ONE’ Jadi Nostalgia Generasi 90-an

 

Kisah dalam READY PLAYER ONE berfokus pada remaja bernama Wade Watts (Tye Sheridan)yang hidup di tahun 2045. Pada masa itu, pemanasan global sudah meluas dan perekonomian duni sangat buruk. Bosan menjalani kehidupan yang menyedihkan, Watts yang hidup miskin di lingkungan kumuh memilih game virtual reality OASIS sebagai pelarian. Dalam game itu, Watts memilih avatar bernama Perzival, seorang laki-laki berambut pirang yang mengendarai mobil DeLorean dari film BACK TO THE FUTURE.

 

Bersama Aech (Lena Waithe), avatar berbentuk pria bertubuh besar, Perzival mencoba memecahkan misteri Easter Egg yang disembunyikan mendiang James Halliday (Mark Rylance), sang pencipta OASIS. Siapapun yang bisa menemukan Easter Egg itu, akan menjadi pewaris OASIS. Hal itu membuat semua orang di dunia berlomba-lomba termasuk Nolan Sorrento (Ben Mendelsohn), CEO perusahaan IOI yang ingin memiliki OASIS.

 

Meskipun mengusung teknologi futuristik super canggih, READY PLAYER ONE sebetulnya adalah suguhan nostalgia generasi 90-an. Beberapa tokoh film dan game 90an akan dimunculkan seperti robot The Iron Giant, King Kong, boneka Chucky hingga video game 8-bit. Scoring klasik film-film E.T dan BACK TO THE FUTURE pun muncul di READY PLAYER ONE berkat Alan Silvestri, komposer BACK TO THE FUTURE.

 

‘BLACK PANTHER’ Cetak Berbagai Rekor

 

Kesuksesan READY PLAYER ONE menggeser tahta BLACK PANTHER memang sesuatu yang luar biasa. BLACK PANTHER kini  memegang rekor sebagai film superhero terlaris sepanjang masa di Amerika Serikat dari tangan THE AVENGERS (2012). Bahkan dari pendapatannya secara global dengan USD 1,237 miliar, BLACK PANTHER jadi film superhero terlaris ketiga sepanjang masa.

 

BLACK PANTHER juga merebut rekor STAR WARS: THE FORCE AWAKENS di Twitter dengan mengumpulkan 35 juta kicauan (tweet) para pengguna Twitter. Tweet yang paling banyak adalah soal BLACK PANTHER adalah saat Kendrick Lamar diumumkan sebagai salah satu pengisi soundtrack. Apakah rekor itu akan tetap bertahan saat AVENGERS: INFINITY WAR dirilis akhir April ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Javier Martin Robles All Rights Reserved   

Theme Poin4d by Poin4d.