Pekerja Wanita Berkuasa Pada Sector Informal

Salah satu kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi pada suatu kawasan adalah para pekerja wanita yang lebih mendominasi sector informal.  Agatha, Dirjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemenaker, mengatakan,  hingga saat ini perbandingan tenaga kerja wanita  pada sector informal memang lebih banyak. Umumnya mereka berkecimpung pada bidang sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), jasa, dan sebagainya.

 

Masih menurut Agatha, inilah sebabnya kontribusi para wanita pada perekonomian memang cukup besar walaupun tak melulu pada sector informal tetapi juga sector formal, tetapi pada sector informal memang lebih besar hingga mencukupi untuk menggerakkan perekonomian Negara. Meskipun mempunyai kontribusi yang tak dapat dipandang remeh tetapi peran mereka tak terlalu terlihat pada sector informal. Ini berbeda dengan para wanita yang berkecimpung pada sector formal yang memang untuk dilihat secara luas membutuhkan posisi yang penting.

 

Semua ini juga tergantung dari kualitas yang bersangkutan pada perannya tersebut karena bila tak sangat menonjol maka tak akan begitu tampak. Di zaman sekarang ini apalagi sudah tak ada lagi penghalang bagi para wanita untuk maju termasuk alasan kodrati. Di beberapa Negara di dunia persoalan ini juga sudah lama ditinggalkan.

 

Saat ini sudah sangat banyak para wanita yang sukses menjadi leader dan menduduki posisi-posisi strategis serta pengambil kebijakan meskipun beberapa yang kurang beruntung masih harus berhadapan dengan diskriminasi kodrati. Inilah yang membut para wanita berada pada posisi yang terlemah.

 

Saat ini seharusnya diskriminasi dalam bidang kodrat wanita tersebut sudah tak menjadi masalah lagi dengan semakin luasnya wawasan dan meningkatnya kompetensi teknikal para wanita. Senada dengan yang dikatakan oleh Agatha, Sekjen Serikat Karyawan Garuda Indonesia, Anna Rosliana juga mengungkapkan bahwa wanita Indonesia semakin banyak yang menduduki posisi penting dalam berbagai bidang termasuk bidang perekonomian. Ini karena mereka mempunyai kompetensi kepemimpinan bandar togel online serta manajerial perusahaan serta organisasi.

 

Sesuai dengan perannya, Anna mengatakan, mereka membentuk Indonesian Women of Transportation yang bertujuan untuk mendorong para wanita Indonesia menjadi lebih maju lagi. Semua wanita mempunyai hak yang sama dalam bekerja termasuk pada sector transportasi.

 

Peran wanita dalam meningkatkan perekonomian keluarga

Pada kondisi financial keluarga yang dirasa belum terlalu mapan, tak jarang para wanita pun dipaksa untuk menambah penghasilan baik dengan bekerja atau membuka bisnis sendiri. Nah, bila Anda adalah salah satu dari mereka, inilah beberapa ide bisnis yang bisa dimulai dari rumah dan cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga.

 

Kuliner

Membuka usaha di bidang kuliner sangat tepat bagi Anda yang mengharapkan pengembalian modal dalam waktu singkat karena makanan akan selalu dibutuhkan oleh manusia sebagai kebutuhan pokok. Anda bisa memulai bisnis ini dari rumah dengan membuka jasa catering harian, menjual sarapan sehat di teras rumah, membuat dan memasarkan kue-kue kering untuk momen hari raya, dan lain sebagainya. Jangan lupa manfaatkan media social untuk mempromosikan bisnis Anda.

 

Toko kelontong

Bila  Anda tinggal di kawasan padat penduduk, membuka toko barang kebutuhan sehari-hari bisa menjadi ide yang menarik. Apalagi bidang tersebut tak membutuhkan keahlian khusus dan Anda bisa memanfaatkan ruang tamu atau garasi depan rumah.

 

Fashion

Ada banyak alternatif pilihan bisnis dalam bidang fashion ini. Bila belum mempunyai cukup modal atau kemampuan untuk mengembangkan label Anda sendiri, mulailah dengan menjadi reseller, dropshipper, atau affiliate marketer.  Syaratnya Anda harus mempunyai minat pada bidang tersebut sehingga melek trend fashion terkini demi mendapatkan produk yang tepat untuk dipasarkan.

 

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Javier Martin Robles All Rights Reserved   

Theme Poin4d by Poin4d.